Be creative

[image: click here for original source]

           Gimana perasaan kalian ketika susah-susah membuat karya entah itu kerajinan, ide, sebuah ungkapan, perkataan, style, dan lain sebagainya lalu dengan mudahnya orang lain itu mengcopy-paste nya tanpa seijin kamu? Kesal pasti. Okelah kalau mereka ngasih sumbernya itu darimana, tapi kalau udah jiplak ditambah ngaku-ngaku itu hasil mereka? Double emosi.
           Idk what's their reason tbh. Tapi krisis kreatif sepertinya memang sedang "melanda" Indonesia. Contoh termudah yang mainstream dibahas banyak orang adalah boyband/girlband. Masih jelas di ingatan, sekitar tahun 2010 s/d 2012 (atau sampai 2013) ketika demam k-pop lagi booming nya menghampiri Indonesia, seperti jamur di musim hujan, boyband/girlband Indonesia dengan korean style-nya pun bermunculan. Awalnya sih sedikit appreciate, tapi lama kelamaan Allah memberiku hidayah(?) rasanya itu eneg, bosan, tiap nonton tv itu-itu aja yang nongol. Kayaknya gaperlu diterusin deh, kalian udah pasti tau sendiri jawabannya. Nggak harus sejauh itu juga sih, coba kalian perhatikan orang-orang di sekitar kamu, pasti ada aja yang copycat style kamu atau apa aja yang ada di diri kamu. Bingung juga sih, kadang aku mikir atau jangan-jangan mereka terobsesi ya sama kita?
           Entahlah, yang penting intinya kalau menurut aku kreatifitas, inovasi, dan ide itu dimiliki oleh setiap orang dan nggak mungkin nggak! Tergantung bagaimana kita mengenali diri sendiri lalu menggali potensi yang ada. Ibarat mencari emas, kita harus pantang menyerah menggali untuk mendapatkan bijih emas tersebut, terus bersabar walaupun harus berkeringat di tengah sinar matahari, lalu memproses bijih emas itu hingga menjadi emas yang bernilai jutaan rupiah.

P.S: Terinspirasi bukan berarti menjiplak. Tapi hasil kerja keras orang tersebut hanya sebagai "umpan" agar ide kita lebih kreatif dan penuh inovasi lagi. Be yourself, be creative, and enjoy your life.

-D

Komentar