99 Cahaya di Langit Eropa: Ada lafadz "Tiada Tuhan Selain Allah" di hijab Bunda Maria

Welcome holiday \o/ yayy akhirnya liburan tiba juga ya. Waktu yang dinanti-nanti khususnya buat anak sekolah seperti aku, hehe. Liburan kali ini aku sengaja main ke tempat kakak daripada bosan di rumah wkwk. Alhasil aku sama kakak memutuskan buat nonton ke bioskop. Banyak film bagus yang menunggu untuk ditonton dan pilihan kita jatuh ke film 99 Cahaya di Langit Eropa.
Hmm... Menarik untuk bahas film yang satu ini. Film yang diangkat dari novel best seller karya Hanum Salsabiela Rais dan Rangga Almahendra ini menceritakan perjalanan mencari 99 cahaya kesempurnaan yang pernah dipancarkan Islam di benua Eropa (jadi teringat pelajaran agama waktu SMP tentang sejarah penyebaran Islam, hehe) yang hingga kini masih ditemukan jejak-jejak kejayaan Islam tersebut walaupun mungkin tidak semua orang menyadarinya. Scene yang buat aku takjub adalah saat Marion mengajak Hanum ke museum Louvre dan menunjukkan lukisan Bunda Maria yang dihijabnya terdapat lafadz "Laa ilaaha ilallah". Subhanallah benar-benar buat aku tercengang, dan masih banyak lagi jejak-jejak Islam yang terdapat di benua yang bahkan Islam menjadi minoritas disana. Oya, bicara soal minoritas aku jadi tau, ternyata nggak gampang hidup di tempat asing yang berbeda ras, suku, agama, adat, bahkan bahasa yang menjadi hal penting untuk berkomunikasi. Apalagi dengan adanya anggapan di dunia barat bahwa "Islam adalah teroris". Tapi di film ini banyak nilai moral yang bisa diambil, walaupun sebagian orang beranggapan negatif tentang Islam, namun masih ada orang yang mempunyai toleransi dan peduli dengan Islam.
Habis nonton film ini aku makin bangga dengan agamaku, yang terpenting kan Lakum dinukum waliyadhin, bagimu agamamu dan bagiku agamaku. Dan seperti kata Fatma Pasha, menjadi agen muslim yang baik:) akhir kata, nggak sabar nunggu yang part 2 hehe.

Salam
-D

Komentar