The choice in this life



Mungkin kita pernah atau sering mendengar sebuah perkataan, "Biarkan hidup ini mengalir apa adanya mengikuti arus." Awalnya aku juga seperti itu, tapi pandangan itu berubah ketika seseorang mengatakan padaku bahwa kita harus punya tujuan dan pilihan dalam hidup ini. Seperti katanya, seandainya kita mengumpamakan diri kita adalah seekor ikan, pernahkah kita berpikir jika sungai yang kita tempati itu dipenuhi dengan batu, predator yang siap memangsa, ataupun arus yang sangat deras untuk dilewati? Berdasarkan hal itu dapat disimpulkan jika hanya mengikuti arus tanpa tujuan yang jelas dan tidak tahu keadaan tempatnya, ikan itu akan mati.
Uraian diatas sama seperti kehidupan yang kita jalani ini. Kita tidak bisa membiarkan semuanya mengalir begitu saja tanpa mempunyai tujuan. Kita memang tidak tahu apa yang akan terjadi, tapi setidaknya kita punya tujuan hidup untuk dicapai agar kita tidak kalah dan terdesak dengan yang lain. Memang dan pasti kita akan menemui rintangan-rintangan yang ada. Tapi itulah hidup, dengan itu kita harus dapat memilih. Memilih suatu hal yang baik untuk kita. Karena pada hakekatnya hidup itu memang sebuah pilihan. Kita mau hidup bahagia dan sukses atau hidup terjebak dalam bayangan masa lampau, itu semua adalah pilihan kita.

PS. Look, we must struggle for our life. Yes, tomorrow is a mystery but you can't stuck anymore in yesterday. You know, the past is in the past, dude.
-D

Pict: click here

Komentar